Jumat, 14 September 2012

Jum'at 14 Sept 2012

10:43 ASing net buy 535B


LOTS Trading Club™ | lots.co.id
Lautandhana Securindo | YJ
Investor Reference 14 Sep 2012

Bernanke memenuhi harapan investor dengan mengeluarkan kebijakan QE3 yang dianggap kontroversial jelang election Nov nanti. The Fed akan membeli surat utang jangka panjang berbasis mortgage (MBS) sebesar $40 miliar tiap bulan hingga pasar tenaga kerja Amerika dinilai membaik. Tandem dengan program 'Operation Twist' sebelumnya, The Fed mampu menyerap hingga $85 miliar surat utang per bulan hingga akhir tahun nanti.

Dengan kalimat yang sederhana, penjelasan QE3 kira-kira seperti ini: The Fed akan menyediakan demand di bond market dan membeli surat utang MBS yang 'nyangkut' di portofolio investor (utamanya perbankan) karena krisis 2008 silam. Jika investor akhirnya bisa menjual dan memperoleh dana segar, The Fed berharap dana ini dialihkan sebagai kredit atau investasi lain untuk menstimulasi perekonomian.

Tapi itu teori diatas kertas, aplikasinya dilapangan bisa berbeda. Investor atau perbankan most likely akan mencari profit cepat dengan berinvestasi di equity atau commodity. Tidak heran jika Dow melonjak tajam semalam. Toh demikian, dampak positifnya ke ekonomi juga ada secara tidak langsung. Pasar properti bisa makin bergairah karena likuiditas di pasar surat utang berbasis mortgage meningkat.

QE3 ini dapat menjadi QE terakhir dari The Fed karena sifatnya 'open-ended' atau akan terus dilakukan hingga ekonomi dianggap pulih. Jadi effort-nya kurang lebih sama dengan ECB yang akan membeli obligasi Eropa secara 'unlimited'. Euphoria di bursa saham bisa jadi berumur panjang meskipun tetap berfluktuasi. Investor tinggal menantikan event besar lainnya hingga akhir tahun nanti seperti keputusan bailout Yunani berikutnya sekitar awal Oktober dan suksesi pemimpin China (yang sekarang dipegang oleh Hu Jintao dan Wen Jiabao) di Q4.

Selamat memilih saham favorit Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar